Sabtu, 06 April 2013

Akuntansi Manajemen Menurut Para ahli


Akuntansi manajemen adalah suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam melaksanakan fungsi manajemen, (abdul halim, 2001 : 3).
fungsi-fungsi manajemen yang dimaksud adalah terutama mengenai fungsi perencanaan, koordinasi dan pengendalian. persamaan dan perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen
persamaan :
1. keduanya merupakan tipe informasi akuntansi
2. prinsip akuntansi yang digunakan untuk menyusunan informasi akuntansi keuangan juga digunakan (relevan) untuk menyusunan informasi akuntansi manajemen.
3. data yang digunakan untuk penyusunan kedua tipe informasi akuntansi tersebut berasal dari informasi operasi.
perbedaannya : (lihat abd. halim, hal.13 tabel 1.2)
dalam akuntansi manajemen dikenal 3 informasi akuntansi, yaitu :
1. full anccounting information
2. differential accounting information, dan
3. responsibility accounting information
full accounting information, menyajikan informasi mengenai total pendapatan, total biaya, dan atau total aktiva baik pada masa lalu maupun masa yang akan datang.
differential accounting information, menyajikan informasi mengenai taksiran pendapatan, biaya dan atau aktiva yang berbeda jika suatu tindakan tertentu dipilih.
responsibility accounting information, menyajikan informasi mengenai pendapatan, biaya dan atau aktiva yang dikaitkan dengan suatu bagian atau unit di dalam perusahaan, dimana masing-masing bagian dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap bagian yang bersangkutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar