Sabtu, 06 April 2013

Akuntansi Manajemen


Akuntansi manajerial atau Akuntansi manajemen adalah seperangkat praktik dan teknik ditujukan untuk para manajer berupa penyediaan informasi keuangan untuk membantu mereka (orang-orang di dalam organisasi)  membuat keputusan dan mempertahankan kontrol efektif atas sumber daya perusahaan.  Sebaliknya, akuntansi keuangan berkaitan dengan memberikan informasi kepada pemegang saham, kreditur, dan  pihak lainnya yang berada di luar organisasi.
Sebagai contoh, akuntansi manajerial bisa memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut :
Berapa biaya rata-rata tenaga kerja (labor cost) perunit produksi?
Berapa tingkat pengembalian  (rate of return) yang diperlukan untuk membuat investasi baru?
Kegiatan mana yang memerlukan pengeluaran terbesar dan yang mendapatkan keuntungan terbesar (dan bagaimana organisasi memaksimalkan laba dan meminimalkan expense)?
Biaya apakah yang persentasenya sangat dominan terhadap manufacturing overhead perusahaan?
Akuntan profesional dalam organisasi yang melakukan fungsi akuntansi manajerial  umumnya mendukung dua tujuan utama. Pertama-tama, mereka menghasilkan laporan rutin yang berisi informasi mengenai pengendalian biaya dan perencanaan dan pengendalian operasi (cost control). Kedua, akuntansi  manajerial menghasilkan laporan khusus untuk manajer yang digunakan untuk keputusan strategis dan taktis tentang hal-hal seperti harga produk atau jasa, strategi cost saving, investasi pada peralatan, dan kebijakan-kebijakan dalam perumusan dan perencanaan jangka panjang.

Kegiatan akuntansi manajerial mencakup beberapa atau semua hal berikut: pengakuan dan pengevaluasian transaksi dan peristiwa ekonomi, mengukur dan memperkirakan nilai dari peristiwa-peristiwa, pencatatan dan mengklasifikasikan transaksi sesuai dan peristiwa; dan menganalisis alasan, dan hubungan antara transaksi dan peristiwa . Akuntan manajerial juga membantu para pembuat keputusan yang menggunakan informasi yang mereka hasilkan, dan mengevaluasi implikasi dari peristiwa masa lalu dan masa depan atas rencana yang diusulkan dari suatu keputusan. Mereka juga bekerja untuk memastikan integritas dari informasi yang mereka hasilkan dan berusaha untuk menerapkan sistem pelaporan yang memberikan kontribusi untuk pengukuran efektifitas  kinerja manajemen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar