Sabtu, 06 April 2013

Pengertian Akuntansi menurut Para Ahli


Akuntansi yang berarti Accounting. Accounting memiliki kata dasar yaitu Account yang artinya adalah rekening, catatan, laporan atau perhitungan. Sedangkan Accountant artinya penata buku atau akuntan atau orang yang melakukan pencatatan, pelaporan dan perhitungan tersebut. Berarti dapat di simpulkan menurut saya Accounting adalah menata rekening, menata catatan, menata laporan atau menata perhitungan. Ada berbagai pengertian akuntasi menurut para ahli yang memiliki penjelasan yang sama mengenai pengertian tujuan maupun teori tentang akuntansi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli adalah sebagai berikut:

Pengertian Akuntansi Menurut Kieso:
Akuntansi bisa didefinisikan secara tepat dengan menjelaskan tiga karakteristik penting dari akuntansi: pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pemakai yang berkepentingan. Karakteristik-karakteristik ini telah dipakai untuk menjelaskan akuntansi selama beratus-ratus tahun.
Pengertian Akuntansi Menurut Littleton:
Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.
Pengertian akuntansi menurut  American Accounting Association:
Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
Pengertian akuntansi menurut Soemarso S.R
Akuntansi adalah Suatu Displin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efesien.

Dari Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli diatas bisa juga kita simpulkan akuntansi adalah menata rekening, menata catatan, menata laporan, atau menata perhitungkan suatu badan yang berguna untuk mengidentifikasi, mengukur dan memberikan informasi ekonomi untuk mereka yang menggunakan informasi tersebut. Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli diatas adalah hanya beberapa para ahli yang saya catat. Untuk lebih lengkapnya mengenai Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli silahkan cari di buku, internet maupun mesin pencari seperti google, dan lain-lain dan tetap semangat untuk belajar jangan pernah menyerah untuk belajar dan jangan pernah berhenti untuk belajar sampai kapan pun. Semoga artikel mengenai Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar